Sunyi

Gelombang waktu menerpa tubuh ini dengan membawa kenangan-kenangan lama yang terkadang mempercepat alunan kerja tubuh sehingga mengikis semangat hidup dan menciptakan Sunyi. Setiap mahluk akan menyadari bahwa Sunyi ialah bagian dari rasa yang terkadang akan membuat efek ketentraman atau kekacauan pikiran, tetapi akhir dari mahluk ialah Sunyi. Peran sunyi dalam hidup sudah menjadi setiap gerak langkah atau bisa tuliskan seperti ‘setiap mahluk hidup akan mati sendiri dan mengurus kehidupanya sendri’ penekanan sendiri ini yang memotivasi untuk selalu bergerak, terkadang di temani sepi sehingga menciptakan Sunyi. Walaupun begitu itu hanyalah sebuah momentum kehidupan yang seperti bola, tetapi itu puncak dari semua mahluk hidup.

Apabila orang tua dulu melewati sunyi untuk menggapai momentum Doa yang menyertai anak cucu ataupun bisa dikatakan keturunanya, ketika momentum itu tercapai kedamaian akan menyertai orang tua dulu, apabila dilihat dari orang moderen sekarang seperti hal yang ‘muspro’ (percuma). Mungkin orang modern momentum Doa bisa diganti dengan asuransi untuk anak-anak entah tentang pendidikan ataupun kesehatan yang ditebus oleh Uang atau Materi. Sedangakn orang tua dulu melalukan tarekat bukan dengan Materi, atau bisa dikatakan momentum Doa dengan berbagai metode.

Pernah diceritakan oleh orang tua-tua di kampung bahwa ketika seseorang dulu ini mengiginkan sesuatu seperti selama menikah tidak dikauniai anak, Orang Tua terdahulu akan melakukan tarekat atau berdoa terus menerus tanpa henti di tempat-tempat sunyi dan tenang untuk mendapatkan momentum Doa, sehingga Doa itu di ijabai. Sedangkan untuk orang modern akan ke klinik-klinik kelahiran menggunakan ilmu modern untuk menemukan solusi supaya memiliki keturunan. Mungkin menguasai intuisi adalah metode yang digunakan oleh orang terdahulu untuk mencapai harapan, sedangkan untuk orang modern akan menggunakan ilmu-ilmu terkini dan memiliki bukti nyata.

Advertisements
This entry was posted in opini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s