Tips Untuk Pengangguran Baru

Mungkin agak spele tema pengangguran ini, akan tetapi ketika terbiasa dengan aktivitas kampus dan keluar zona kampus dengan membawa gelar masing-masing terkadang ada beberapa orang bingung apa yang harus di lakukan. Karena penulis sendiri merasakan hal tersebut, kegiatan yang tidak menentu atau bahkan cuman kegiatan bangun, makan, ngopi, tidur, dst. Apabila tidak direncakan dengan baik kegiatan apa yang dilakukan prawisuda mungkin agak bingug setelah pascawisuda. Penulis memberikan dua istilah untuk pengangguran baru yaitu pertama pengangguran tidak direncakan dan kedua pengangguran direncanakan. Pengangguran tidak direncanakan ialah pengangguran yang tidak sadar bahwa dia adalah pengangguran karena dia menganggur tidak direncakan, bisa saja di PHK atau barusan wisuda dengan tanpa persiapan mau apa di isi masa pengangguran tersebut. Sedangkan untuk pengangguran direncakan memang sengaja untuk mengambil tindakan nganggur dan mengisi tindakan nganggur dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan.

Sebelum masuk tahap berikutnya pembaca sebaiknya mengidentifikasi diri sendiri termasuk yang mana, pengangguran tidak direncanakan atau pengangguran direncakan. Sebelum lanjut keberikutnya penulis menekankan bahwa dalam kegiatan mengaggur tidak ada muatan moral bahkan nilai negatif atau positif, karena menganggur itu termasuk pilihan, dan dalam hidup pasti ada masa menganggur.

Tips pertama untuk pengangguran baru, yaitu tentukan orientasi hidup dan jalan hidup, tips pertama ini terkadang tidak bisa langsung jadi tapi memperlukan keluwesan berpikir dan perkembangan zaman untuk menentukan orientasi hidup. Penulis juga agak malas menjelaskan panjang lebar tentang orientasi cari sendiri di wikipedia ya.

Tips kedua untuk pengangguran baru, setelah menemukan orientasi hidup dan jalan hidup, buatlah CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup serahkan ke lembaga atau perusahaan yang sesuai dengan orientasi hidup dan jalan hidup pembaca.

Tips ketiga untuk pengangguran baru, apabila pembaca tidak suka dengan melamar di sebuah lembaga atau perusahaan, pembaca bisa membuat usaha sendiri bisa berupa UD (usaha dagang), CV (commanditaire vennootschap) bahkan PT (perseroan terbatas) itu untuk legalitas secara hukum, dengan bidang kerja macam-macam, untuk keuntungan dan cara pembuatan bisa tanya langsung ke mbah google.

Tips keempat untuk pengangguran baru, sadari posisi ekonomi keluarga besar anda, yang dimaskud posisi ekonomi yaitu ekonomi apa yang menopang keluarga besar pembaca, mungkin orang tua, saudara orang tua memiliki usaha dagang dan pembaca bisa membantu di dalamnya, tetapi sadari posisi pembaca di dalam keluarga dan presentase untuk meningkatkan usaha dagang tersebut.

Tips kelima untuk pengangguran baru, apabila kawan-kawan tidak memiliki opsi untuk berkerja, kawan-kawan bisa memanfaatkan fasilitas pemerintah seperti perpustakan daerah, atau ikut acara-acara yang sekiranya tidak mengeluarkan uang speserpun.

Semoga setelah membaca tips-tips diatas kawan-kawan memiliki tindakan untuk status sosial yang namanya pengangguran, atau hanya memiliki ide itu juga bagus, karena tidak mungkin dari satu tulisan bisa menyelesaikan masalah pengangguran di Indonesia.  Sebenarnya tulisan ini hanya sekedar gurauan jangan dimasukkan ke hati tapi kalau di lakukan tindakan juga bagus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s