Eksistensi Anime

       Beberapa minggu ini penulis menonton suatu karya dari negara Jepang yang bernama anime. Sebenarnya penulis menonton anime sudah lama akan tetapi hanya sebagai hiburan tidak sampai untuk analisa, setelah dipikir-pikir mungkin agak menarik untuk melihat eksistensi Anime. Sebelum masuk kedalam eksistensi anime kita lihat dulu sejarah bagaimana berdirinya anime, penulis sendiri kelahiran 90 an mungkin pembaca 90 an pernah senang lihat Dragonbaal ataupun Captain Subasa. Salah satu yang kita tonton adalah master piece anime dari negara jepang, apabila diamati lebih dalam sebenarnya penganggakatan untuk menjadi anime biasanya dari Manga di Indonesia bernama Komik, walaupun komik bermacam-macam jenis, ada juga penganggkatan dari novel ke anime. Bahkan terkadang ada beberapa anime di buat untuk menganggkat reting pembaca komiknya.

     Apabila kita masuk dalam eksistensi anime, maka tidak jauh-jauh dari fungsi anime sendiri selain media hiburan. Dari beberapa anime setelah di review oleh penulis, hanya ingin menyampaikan ‘ini loh pemikiran saya tentang dunia’ atau ‘harusnya kayak gini’ bahkan ‘saya ingin seperti itu’. Jadi setelah membandingkan alur cerita di dalam anime tidak berbanding lurus dengan realitas nyata di Jepang, sehingga kebanyakan apa yang diceritakan di anime itu hanya keingginan dan tidak berlaku di negara Jepang.

     Bukanya penulis terlalu menegatifkan Jepang, akan tetapi menurut penulit sebuah karya tidak jauh-jauh dari utopia segala, sehingga apa yang diceritakan apa yang di inginkan. Apabila dilihat polan alur cerita anime-anime, kebanyakan tokoh utama seorang sendiri tidak punya teman terus dengan ending punya teman. Apabila dilihat pola alur kebanyakan cerita orang jepang ingin memiliki banyak teman akan tetapi terjadi.

     Tap dalam dunia Internasional Anime sudah memiliki eksitensi didalam setiap penggemar, bahkan mengalahkan cartoon mungkin agak berlebihan. Tetapi pada kenyataanya tiap bulan muncul anime-anime dengan judul baru yang akan siap di konsumsi masarakat dunia. Ini mmasih anime belum lagi manga atau komik.

Advertisements
This entry was posted in opini and tagged .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s