Harmoni Kerja

Dalam hidup tidak  lepas  dari namanya kerja, entak pengertian kerja di persempit dengan memiliki arti untuk mendapatkan uang pada umumnya. Walaupun begitu kerja merupakan hal yang baik apabila dengan tujuan yang baik, dan kata kerja sendiri memiliki arti yang lebih luas. Karena dalam kata kerja berarti bergerak melakukan sesuatu dengan tujuan apapun. Sedangkan harmoni adalah keselarasan, keserasian gagasan, atau bisa dikatakan menemukan pola yang sudah nyaman untuk digunakan. Apabila di music harmoni ialah perpaduan antara instrumen kunci yang digunakan dan lirik yang dinyayikan oleh penyanyi.

Sedangkan dalam dunia kerja tentu adanya harmoni, harmoni ini dibagi dalam dua kategori yaitu harmoni micro kerja, dan harmoni macro kerja. Harmoni micro kerja ialah dimana buruh atau pekerja dengan para atasan atau bisa disebut mandor. Di dalam harmoni micro ini terdapat hubungan individu buruh atau pekerja dengan atasan sehingga terjadi interaksi sama-sama menguntungkan apabila dalam bhs biologi simbiosis mutualisme. Sedangkan harmoni macro kerja ialah bagaimana mesin-mesin bergerak untuk memenuhi permintaan pasar, sehingga apabila mesin terjadi trouble maka mengakibatkan harmoni micro juga tergangu, sehingga harmoni macro kerja ini lebih di tekankan terhadap mesin dan tidak jauh-jauh dari teknisi mesin. Kedua pokok ini yaitu mesin dan teknisi juga terjadi interkasi walaupun interaski ini hanya satu arah yaitu dari teknisi mesin, akan tetapi apabila ditindaklanjuti akan menjadi mesin ke buruh, karena saling berkaitan. Kenapa masuk dalam harmoni macro kerja karena vitalitas dari setiap industri adalah mesin, sehingga penting adanya mesin bagi setiap industri apaligi ditambah dengan biaya pembelian mesin dan perawatanya.

Setiap kebijakan industri berpengaruh dalam harmoni ini, oleh karena itu apabila sudah terlihat harmoni macro dengan harmoni micro maka akan memberikan keuntungan dalam bidan materi dan non materi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s