Gagasan menjadi terkenal

Rumusan masalah

  1. Definisi terkenal
  2. Konsep terkenal
  3. Cara terkenal

Terkenal dari suku kata kenal,  pengertian dari kenal ialah tahu dan teringat kembali. Apabila ditambahi dengan imbuhan ‘ter’ dan menjadi terkenal memiliki pengertian dikenal atau diketahui umum, menurut kata sinonimya termayhur dan tersohor. Apabila pengertian masyhur yaitu dikenal orang banyak.

Menurut penulis konsep terkenal tidak  lepas dari  politik, sehingga perlu adanya penggalian tentang politik disini. Karena dalam proses terkenal perlu tindakan politik sebagai pemetaan, untuk mencapai terkenal yaitu tahu dan teringat kembali.  Dalam hal ini pemetaan yang dimaksud adalah masyarakat, menurut pengertianya masarakat (Koentjaraningrat) adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut sistem adat istiadat yang terikat oleh suatu rasa identitas bersama. Menurut Harold J.Laski, masyarakat adalah kelompok manusia yang hidup bersama dan bekerja sama untuk terkabulnya keinginan-keinginan mereka bersama.

Dari pengertian diatas apabila dilebarkan akan menjadi pemetaan masyarakat, pemetaan yang dimaksud ialah pemetaan dari segi Geografi ketika membahasa dari segi Geografi akan ada namanya gunung, pantai, dataran rendah, laut, dan dataran tinggi. Setelah pemetaan dari Geografi masuk lagi di pemetaan daerah, ada namanya, Rt, Rw, Dusun, Desa, Kelurahan, Kecamata, Kabupaten, hingga Provinsi.

Setelah melihat pemetaan dari beberapa dimensi diatas, untuk menjadi lebih presisi individu ingin meletekan ‘Terkenal’ di sebelah mana.  Karena ‘Terkenal’ menurut penulis bersifat individual sehingga tidak bisa di sama ratakan konsep terkenalnya. Contoh ‘Budi terkenal sebagai seorang yang razin beribadah di Desanya’ dari contoh diatas dapat di ambil kesimpulan Budi anak yang razin beribadah. Sehingga proses menjadi terkenal ini merupakan jangka panjang, dan terkadang individu sendirinya pun tidak sadar akan kemasyhuranya. Karena kata ‘terkenal’ merupakan bukan konsep bentukan dari individu tapi di luar individu.

Penulis ingin menekankan ‘Terkenal’ ini bukan menjadi bentukan luar individu tetapi menjadi individu sendiri.

Terkenal sendiri memiliki konotasi negatif dan positif, ambil contoh apbila di atas Budi terkenal sebagai orang yang razin beribadah tetapi budi tidak memiliki pekerjaan tetap. Dari contoh tersebut ada konotasi positif dengan negatif.

Apabila memasuki cara terkenal kalian harus menentukan mau menjadi terkenal dengan konsep macam apa. Karena terkenal disini merupakan tujuan jangka panjang sehingga penentuan keputusan sangat berpengaruh dalam tujuan tersebut. Sehingga perlu kepekaan terhadap lingkungan sosial sehingga dapat mengantisipasi pembentukan konsep dari luar individu atau bahasa kerenya pembunuhan karakter.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s