Momen Bimbingan Skripsi

Proses bimbingan seseorang tidak lepas dari namanya dosen pembimbing skripsi. Dalam beberapa hal dosen pembimbing sangat membantu peroses pengerjaan dan terkadang menghambat pekerjaan skripsi. Proses terhambat biasanya dikarenakan kendala teknis, seperti ke intensnan bertemu dengan pembimbing skripsi. Karena terkadang kesibukan dosen berpengaruh dengan kelancaran bimbingan, walaupun terkadang dosen memiliki beberapa watak masing-masing. Dosen yang susah ditemui biasanya memiliki watak yang mempermudah mahasiswa atau bisa dibilang tingkat untuk revisi sangat rendah. Sedangkan dosen yang gampang ditemui memiliki watak tingkat untuk revisi tinggi. Dari pelajaran dasar tesebut lebih bijak mahasiswa untuk memilih dosen pembimbing skripsi. Walaupun begitu faktor utama penentu untuk dosen pembimbing skripi adalah tema skripsi, karena dosen pembimbing skripsi tidak jauh-jauh dengan tema yang dikuasai dosen pembimbing skripsi tersebut.

Tahap-tahap untuk melakukan bimbingan skripsi mungkin akan seperti ini dibeberapa kampus.  Step pertama adalah menentukan judul skripsi, tetapi sebelum menentukan judul skripsi ada baiknya survei untuk judul skripsi yang tema sama dengan yang kamu mau kerjakan. Ketika setelah survei tentukan latar belakang masalah yang akan dibahas, setelah siap judul dan latar belakang masalah. Ada memberikan judul dan latar belakang masalah tersebut kepada dosen penasihat akademik. Setelah mendapatkan info harus dibawa kemana judul dan latar belakang masalah tersebut, temui dosen yang direkomendasikan dosen penasihat akademik. Buat janjian dahulu dengan dosen yang akan ditemui karena dosen tersebut buka dosen penasihat akademik, karena kedekatan internal belum ada. Setelah ada janjian bertemu membawa judul dan latar belakang masalah, biasanya dosen pembimbing akan memberikan masukan tentang judul dan latar belakang masalah.

Setelah sudah mendapatkan kecerahan tentang judul dan latar belakang masalah, langsung membuat proposal. Proses pembuatan proposal yang baik itu ketika melihat proposal lainya dengan judul yang hampir mirip cuman beda metode penelitian ataupun cuman beda objek. Adakalahnya beberapa orang menanyakan apakah itu tidak plagiat, itu tidak plagiat teman-teman, karena apabila plagiat kita cuman mencopy paste dari proposal sebelumnya. Tetapi ini tidak copy paste tapi sudah merubah metode ataupun objeknya, mahasiswa sebaiknya mencari sumber materi untk teori di perpustakaan kampus ataupun non kampus. Apabila tidak menemukan buku apa yang akan dicari, cobalah untuk melihat daftar pustaka skripsi-skripisi yang hampir sama. Setelah mencatatat beberapa judul pegarang, coba cari di perpus, ataupun apabila untuk membeli coba di cari di toko buku terdekat di kotamu.

Setelah selesai mengerjakan proposal sebaiknya langsung bertemu dengan dosen pembimbing, dengan membawa hasil proposal tersebut. Untuk pencarian data skripsi sebaiknya tentukan dulu apakah data tersebut data primer atau data sekunder. Karena apabila data primer maka kamu akan memerlukan surat izin penelitian apabila menyangkut daerah atau izin wawancara, apabila sekunder mungkin tidak akan perlu izin penelitian, tetapi terkadang data sekunder perlu izin penelitian apabila untuk masuk ke perpus atau musium agar diberikan keluasaan penelitian. Setelah selesai bimbingan proposal terkadang ada beberapa yang di revisi kebanyakan dari metode yang digunakan, dan teori yang dipakai.

Setelah tahap diatas dilalui masuk ke tahap bab IV tentang analisa data. Sebelum masuk ke analisa data, akan ada yang namnaya pengambilan data, pengambilan data ini sangat menentukan hasil dari skripsi. Karena sebaiknya mahasiswa megentahui data apa saja yang akan di ambil dan jumlah data yang kemungkinan akan diambil itu sudah masuk ke dalam hipotesis. Setelah mendapatkan data yang di inginkan kita akan masuk kedalam analisa data, selama analisa data ini akan masuk kedalam Bab IV keseluruhan. Biasanya tahap bab IV ini yang agak lama. Karena ada kemungkinan penggantian bab II karena menyangkut teori yang digunakan mungkin karena ketidak cocokan dengan data yang diambil.

Momen-momen bimbingan diatas sudah menjelaskan keseluruhan alur skripsi yang akan terjadi. Untuk bab V tinggal menjawab dari latar belakang masalah yang diambil dan dijadikan kesimpulan. Semoga ketika membaca ini mahasiswa sudah jelas akan tahap-tahap awal pembuatan skripsi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s