Prototype Orang Tua

                Kehidupan sebenarnya tidak lepas dari namanya keluarga, keluarga merupakan sub dari masyarakat dan merupakan pedidikan pertama. Dalam keluarga peran bapak sebagai kepala rumah tangga sangat berpengaruh. Pengaruh Bapak  juga pengaruh dalam bidang pendidikan anak di keluarga tersebut. Tapi menurut beberapa penelitian gen DNA yang sangat berpengaruh adalah gen DNA Ibu. Sehingga untuk masalah Iq menurun ke Ibu tetapi untuk pendidikan masih di pegang peran penting Bapak sebagai kepala keluarga, Karena setiap keputusan tidak lepas dari penngaruh kepala keluarga. Sedangkan untuk Ibu ialah kepala rumah tangga yang mengatur bidang ekonomi dalam rumah tangga. Menaksir biaya listrik, air, dan makanan itu salah satu tugas dari kepala rumah tangga.

                  Sehingga Ibu memiliki wewenang dalam rumah tangga, tetapi keputusan masih di pegang oleh kepala keluarga.  Kalau di analogikan Bapak adalah urusan eksternal keluarga, seperti urusan social dalam luar rumah tangga, mengahdiri undangan dari RT, dan biasa di perdesaan Bapak juga mewakili keluarga untuk ikut sinoman,  ronda dsb. Sedangkan untuk Ibu mengurus masalah internal keluarga seperti hubungan anak dengan orang tua, hubungan antara keluarga besar dari bapak atau ibu, dan kebutuhan dlm bidang apapun yang mengurus Ibu dengan keputusan dari Bapak.

                   Dari penjelasan diatas  dapat dikatakan peran Bapak Ibu sudah memiliki fungsi masing-masing, sehingga prototype dalam hal ini adalah anak yang dilahirkan orang tua, atau juga bisa didikan awal dari orang tua. Walau bukan anak kandung tapi pendidikan pertama dari orang tua adalah protype orang tua.  Sehingga terkadang anak pertama memiliki kebebasan tersendiri dengan anak-anak berikutnya. Walaupun begitu protype ini memiliki beberapa kelemahan, yaitu rentan terhadap eksistensi. Dimaksude dengan eksistensi diri ialah sebenarnya anak pertama itu sebagai contoh untuk anak-anak berikutnya atau anak pertama adalah pengalaman orang tua untuk supaya tidak menjadi seperti anak pertama.

                  Walaupun begitu prototype terkadang merupakan untuk masukan orang tua  supaya  tidak menjadi seperti prototype. Walaupun begitu ada kesenangan tersendiri menjadi prototype orang tua karena memiliki trial eror pengalaman dari pendidikan orang tua. Sehingga terkadang seorang protype lebih cepat dewasa atau kebalikanya. Penenkanan disini prototype merupakan hal-hal yang seangat asik untuk  dibahas, apalagi berasama dengan prototype-protype lainya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s