Buku: Bumi Manusia

1398034-_uy1600_ss1600_Picture  dari google.

Buku yang ditulis  Pramoedya Ananta toer ini ingin menunjukan perjuangan seorang pribumi bernama Mingke, Mingke ini peribumi yang sekolah di sekolah Belanda bertempat di Surabaya. Keseharian mingke membaca dan sekolah  terkadang mengirim tulisan di penerbit yang ketika itu koran dibagi menjadi beberapa bahasa, ada koran belanda, korang melayu, koran tiongkok, dan koran jawa. Setting tempat dalam buku Bumi Manusia akhir abad sembilan belas sehinngga masih jaman Hindia Belanda.

Titik awal cerita pada saat di ajak teman sekolahnya  mampir ke rumah seorang nyai di Wonokromo. Dari tiitk awal menjadi garis, garis membentuk menjadi sosok karakter mingke. Pramoedya Ananta toer tidak mengakhiri sosok mingke dalam satu buku Bumi Manusia saja tetapi dalam empat buku. Setiap buku seperti menunjukan perkembangan watak tokoh Minke,  seperti melihat evolusi wataks seorang pribumi yang terbentuk oleh proses sebab akibat yang panjang.  Intrik Cinta,  moral, politik, hukum semua tersaji seperti satu kekokohan cerita yang membuat anda terlena.

Untuk yang berniat membeli buku tersebut di usahakan untuk membeli yang asli, karena  sebagian dari royalte buku diberikan untuk yayasan sosial milik pram dan terkadang seumpama beli yang tidak asli halaman tidak lengkap, terimakasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s