Gejala Borjuis

                  Menurtu KBBI Borjuis adalah kelas menengah dari golongan menengah ke atas biasanya dipertentangkan dengan rakyat jelata. Gejala-gejala borjuis biasanya bisa dirasakan di kota-kota besar, ketika banyak pendatang dari luar kota. Baru pertama kali merasakan gerap gempitaya kota sehingga pendatang baru itu mencoba-coba derap gempita dan terkadang merogo kocek dompet yang agak dalam. Ketika gerap gempita itu tidak di imbangi kesadaran moral dan ekonomi. Pendatang tersebut aka menjadi mengejar gaya hidup di kota sehingga secara tidak langsung mengupayakan untuk menelan semua gerap gempita tersebut dengan cara apapun.

               DI sini kaum Borjuis memanfaatkan pendatang untuk mencekoki dengan gaya hidup, para pendatang dengan senang hati menyabutnya dan ingn mengikuti Borjuis. Oleh karena itu kesadaran diri sangat penting untuk era sekarang, walaupun kesadaran tersebut membatasi gerak seseorang dalam berkarya. Dikarenakan judulnya gejala borjuis, akan aku utarakan beberapa gejala menurut ke sleweran ku; 1) tidak bisa membedakan kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. 2) materi oriented. 3) Kesetaraan social.

            Cukup tiga gejala Borjuis mungkin seharusnya ada beberapa yang belum disebutkan, tapi kebanyakan tiga tersebut sudah mencakup semuanya. Terakhir walaupun tidak semua Borjuis itu jelek, tapi mengejar menjadi Borjuis dengan segala cara itu yang tidak baik. Apabila ada ingin menjadi Borjuis kejarlah dengan cara sportif dan baik.

Sebelum itu saya meminta maaf, apbila ada beberapa Borjuis membaca tulisan ini, saya menulis ini dikarenakan resah dengan keadaan social yang mengiginkan menjadi Borjuis. Walaupun saya tidak munafiq mengiginkan juga, tetapi cara untuk mencapai tersebutlah yang saya tidak sukai.

Advertisements
This entry was posted in opini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s