Kedamaian dalam sangkar

                  Sebuah burung berciut-berciut dengan burung lainya. Satu burung yang lain diluar sangkar dan satu lagi di dalam sangkar. “Ciut-ciyt city-ciut” ucap burung dalam sangkar, “city-ciut ciut-city city” ucap burung diluar sangkar. Seperti ada obrolan dengan bahasa burung, yang saya sendiri tidak paham, tetapi saya mencoba memahami makna yang dibicarakan dengan gerakan si tubuh siburung. Kesleweran mendapatkan kesimpulan bahwa burung yang di dalam sangkar pada saat berdialog sambil memakan apa yamg di dalam sangkar, sehingga mungkin maknanya seperti ini “Ini loh banyak makanan” ketika melihat si burung sangkar makan, si burung yang diluar sangkar terbang sambil “berciut-ciut” sehingga mungkin maknanya seperti ini “sudah berapa lama tidak terbang bebas”.

                       Dari dua burung tersebut dapat disimpulkan suatu keadaan kondisi apapun ada kelebihan dan kekuranganya, dan kondisi itu dibuat oleh pelaku sendiri. Jadi jangan pernah membandingkan sesuatu dengan tidak melihat istrumen-instrumen yang tidak sama, atau bisa ketika membandingkan sesuatu mencari yang nilaiya sama. Tingkah laku personal seseorang berbeda dengan perilaku orang lainya, dan banyak instrumen yang menjadikan seperti itu.

                   Masyarakat sekarang “bak” burung yang diceritakan diatas, masyarakat memiliki beberapa pilihan untuk menjadi, burung yang di dalam sangkar atau burung di luar sangkar. Terkadang masyarakat belum sadar keadaan yang di lalui selama ini termasuk dalam golongan yang mana, karena untuk mengetahui keadaanya sendiri perlu berpikir ekstra. Tapi biasanya identifikasi ya dari kebahagiaan dan kesenangan yang dilakukanya, karena untuk senang dan bahagia tidak ada alasan untuk menolaknya.

Apabila sudah menemukan identifikasi kesenangan dan kebahagiaan itu, masyarakat akan dengan lancar menjalaninya. Dua burung yang diceritakan diatas memiliki kesenangan dan kebahagiaan masing-masing.

Advertisements
This entry was posted in opini and tagged .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s