Gelar haji bagi orang yang sudah naik haji

mekah

picture by google

                Haji adalah sebagian rukun iman kelima islam. RItual Haji sendiri berada di Mekah dan Madinah saat bulan muharam tepatya setelah idul adha. Unik ya dari ibadah haji yang dilakukan oleh orang Indonesia, bisa membuat sesorang memiliki gelar Haji.

              Mungkin banyak perdebatan tentang boleh ngk sih memberikan gelar Haji untuk orang yang sudah naik haji seperti : Pak haji mau kemana. Penyebutan Haji di kalimat teresbut menggantikan nama aslinya dan bisa membuat sesorang menambah status sosial di masyarakat tempatya. Tapi pada kenyataan kehidupan sekarang, beberapa yang mempunyai gelar Haji tetapi makna gelar haji tidak diaplikasikan dengan benar di masyarakat, seperti perlakuan yang tidak menandakan naik haji. Gelar Haji sendiri mungkin hanya ada DI Indonesia di negara lain mungkin tidak ada gelar haji.

                Kembali ke Masa lalu, mungkin banyak pertanyaan tentang Siapa yang pertama kali memberikan gelar Haji di Indonesia. Dari pemikiran saya sendiri di Masa lalu apabila melakukan Ibadah haji bukan hanya masalah keuangan, tetapi tekad dan niat. Zaman dulu dikarenakan tidak ada Pesawat seperti sekarang, sehingga zaman dulu masih menggunakan kapal laut, sehingga memakan waktu berbulan-bulan, itu belum termasuk resiko kapal yang keram, dirampok, cuaca yang tidak mendukung.

              Sehingga zaman dulu orang naik haji memakan waktu yang lama, dan banyak berita mengatakan orang yang naik haji belum tentu kembali ke Indonesia. Sehingga zaman dulu tidak heran Kalau orang naik Haji diberi gelar Haji, dan orang naik haji dulu emang bener-bener Haji, maksud dari benar-benar Haji adalah pengalaman ibadah yang lama di mekah dan madinah perjalanan yang lama sehingga memantapkan iman, aqidah dan taqwa, tidak seperti sekarang yang berangkat haji cukup 2 hari dan ritual haji dilakukakn semestinya, sehingga belum memantapkan haji sendiri.

              Dulu orang haji setelah melaksanakan ibadah Haji belum tentu bisa kembali kenegaranya sehingga menetap disana dan menunggu kedatangan kapal yang menuju ke Indonesia. Pada saat kapal sendiri menuju ke Indoensia yang memakan waktu yang sangat lama, sehingga pantas kalau zaman dulu orang naik haji diberi gelar haji.

Advertisements
This entry was posted in opini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s