Pabrik Semen Di Indonesia

Pabrik Semen pertama berdiri di padang yang didirikan oleh swasta belanda, yaitu Nu Nedelancdsche Indische Portland Cement Maatschppji, tepatnya pada 18 maret 1910 berdiri dan mulai produksi pada tahun 1913 dengan kapasitas produksi 50.000 ton pertahun. semen padang setelah indonesia merdeka-tepatnya pada tahun 1957, perusahaan semen tersebut di nasionalsasikan.

Sebelumnya pada tahun 1953, berdiri pabrik semen dengan nama NV. Naamlodz Venotschaap yang mulai produksi tahun 1957. pabrik semen ini pabrik terbesar ke 2 setelah semen Padang. Pabrik berubah statusnya menjadi PT. (perseroan terbatas) Semen Gresik pada tahun 1969.

Dalam perjalanan waktu, pabrik Semen Gresik, melakukan ekspensi, pembangunan pabrik-pabrik baru, diantaranya pabrik Semen Tuban I,II dan III.

pabrik Semen ketiga milik pemerintah adalah pabrik Semen Tonasa, di Sulawesi Selatan. Pabrik mulai beroprasi pada tahun 1968 dengan tingkat produksi 110.000 ton. Tahun 1983 pabrik Semen Tonasa membangun pabrik Unit III dengan kapasitas 590.000 ton pertahun. Tahun 1993 Semen Tonasa membangun Pabris Semen Unti IV.

Menyusul pada tahun 1975 beridiri pabrik Semen swasta yang mulai berproduksi tahun 1975 dengan kapasitas produksi 750.000 ton pertahun. Didirikan atas perusahaan patungan dua perusahaan dari Amerika Srikat, yaitu Gypsum Carrier Inc dan Bamerical International Finance dengan Semen Gresik dengan nama Pabrik Semen Cibinong.

Sumber:

PT. Archipelago Resources komunikasi kisah-kisah membangun di Industri Indonesia, PT Rekayasa Industri hal 63-64

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s